• LATAR BELAKANG

  • Setiap desa di Indonesia memiliki keanekagaraman dan keunikan yang luar biasa. Maka diperlukan kemampuan dan pengetahuan serta kreatifitas dalam menggali potensi desa. Desa mempunyai potensi pendapatan yang spesifik yang perlu ditingkatkan dan dioptimalisasikan. Untuk dapat mengetahui dan menggali potensi desa diperlukan langkah/cara agar dapat secara mudah dan jelas apa potensi dan bagaimana metode pengembangannya.

    Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan sebagai penggerak pembangunan lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari Pemerintah Desa dengan tujuan akhirnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

    Berdasarkan kenyataan tersebut ICON Training Center akan menyelenggarakan kegiatan Study Banding Desa untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan kepada Tim Pengelola Kegiatan dan masyarakat desa.


  • TUJUAN PENYELENGGARAAN

  • Kegiatan Study Banding Desa ini bertujuan agar setiap masyarakat desa mampu mengoptimalkan pendapatan asli desa, kemampuan dan kreatifitas sumber daya manusia dan dapat meniru desa-desa yang telah sukses menerapkan sistem yang ada.


  • JADWAL KEGIATAN

  • HARI KE I : CHECKIN HOTEL DAN ACARA PEMBUKAAN

    HARI KE II : BIMTEK
    HARI KE III : KUNJUNGAN KE DESA-DESA PENGHASIL KERAJINAN TANGAN
    A. Desa Mas
    Terletak di Kecamatan Ubud, Bali. Ukiran Kayu adalah seni yang paling menonjol yang dilakukan oleh orang-orang di Desa Mas, itu adalah pekerjaan tambahan di samping bekerja sebagai petani. Hampir di sepanjang jalan menuju ke Desa Mas dipenuhi oleh aneka macam art-shop yang berfungsi sebagai sentra perdagangan kerajinan patung.
    B. Desa Tohpati
    Sentra produksi batik di Desa Tohpati, Kecamatan Batubulan, Bali. Tempat ini terkenal dengan produksi batik tenunnya yang diproses secara tradisional. Kain batik Desa Tohpati mempunyai kualitas yang tinggi. Kain-kain hasil tangan ini lantas dijual di butik-butik yang juga berdiri di desa ini. Itu sebabnya, selain berbelanja, pengunjung juga bisa menyaksikan proses pembuatan batik di tempat ini.
    C. Desa Celuk
    Sebuah desa di Kecamatan Sukawati, Baali di Desa Celuk ini terdapat ratusan gallery perak dan emas yang menawarkan pengunjungnya terlibat langsung dalam pembuatan perhiasan dari perak dan emas. Tidak heran, Desa Celuk tiap harinya dikunjungi oleh ribuan wisatawan yang penasaran dengan pembuatan emas dan perak oleh para pengrajin dan seniman.
    D. Desa Batu Bulan
    Desa Batu Bulan sudah terkenal di Indonesia dan di seluruh dunia yang telah dibangun berkat tarian artistik Barong dan tari Keris, disini anda juga dapat menemukan patung yang terbuat dari batu.
    E. Desa Batuan
    Desa yang sudah ada sejak zaman dinasti Warmadewa yaitu sekitar seribu tahun yang lalu sangat menjaga adat istiadatnya. Di desa ini terdapat Candi/Pura yang dirancang sangat indah dengan penuh ornamen Bali dan atap bangunan candi terbuat dari serat pohon kelapa berwarna hitam.
    F. Desa Tegalang
    Terletak di sebelah utara Ubud, Bali. Desa ini memiliki pesona tempat wisata alam yang dapat menyejukkan hati. Dengan latar belakang persawahan yang berundak sehingga melahirkan daya tarik tersendiri. Tidaklah heran bila pertanian cukup tertata rapih. Karena di kawasan desa ini terdapat organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur pengairan sawah dalam hal bercocok tanam padi yang disebut dengan sistem Subak.
    G. Desa Panelokan Kintamani
    Dari Panelokan kita bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan. Kombinasi antara Guntur Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia. Panelokan sudah mempunyai infrastruktur yang cukup memadai sebagai tempat wisata, antara lain penginapan maupun restoran.
    HARI KE IV : KUNJUNGAN KE SUMBER DAYA ALAM YANG BERPOTENSI DI DESA-DESA YANG DIKELOLA MENJADI TEMPAT WISATA
    A. Desa Pakraman
    Desa Pakraman merupakan desa pengelola kawasan bahari Tanjung Benoa yang sangat terkenal dengan pantainya. Serta menjadi pusat wahana olahraga air seperti, parasailing, snorkeling, seawalker, jet ski, fly fish, banana boat dan wisata ke pulau penyu.
    B. Desa Kutuh
    Terletak di Kuta Selatan, Badung, Bali. Desa Kutuh memiliki pantai baru yang diresmikan di Bali yaitu Pantai Pandawa. Desa wisata ini, menyuguhkan indahnya pemandangan tebing dipapas tegak, sebagian berundak, di kanan-kiri jalan dan panorama pantai begitu indah nan menawan. Pasir putih bersih dengan air laut yang hijau kebiruan, serta suasana pantainya sepi dan tenang. Desa adat Kutuh memberdayakan perekonomian masyarakat lokal melalui Badan Usaha Manunggal Desa Adat (BUMDA). Dimana BUMDA membawahi sejumlah usaha desa adat di Kutuh, yaitu objek wisata pantai Pandawa, pedagang, usaha kano, paragliding, pengembangan objek wisata Rintisan Gunung Payung, usaha transport serta beberapa usaha rintisan lainnya.
    C. Desa Pecatu
    Pecatu adalah sebuah desa di wilayah Kuta Selatan, Badung, Bali. Desa ini memiliki segudang potensi yang dapat dikembangkan untuk menunjang ketahanan ekonomi masyarakatnya. Desa ini terkenal dari objek wisata yang ramai dikunjungi di Bali yaitu Pura Uluwatu dan Tari Kecak, dimana penari-penari kecak tersebut berasal dari warga-warga atau masyakarat desa itu sendiri.
    HARI KE V : PERSIAPAN PULANG
    Persiapan pulang, check out dari Hotel pukul 12:00 WITA
    Pengantaran pulang ke Bandara waktu disesuaikan dengan waktu pulang setiap peserta

  • FASILITAS

    1. 1. Antar jemput bandara untuk rombongan minimal 3 orang.
    2. 2. Hotel*** 5 hari 4 malam sekamar berdua termasuk makan pagi/siang/malam.
    3. 3. Tas/T-Shirt/Modul bahan ajar/ATK dan Sertifikat Pelatihan.
    4. 4. CD berisi Bahan Ajar, format dokumen OPD & BUMDes; laporan study.

  • KONTRIBUSI

  • Kontribusi dapat disesuaikan dengan jumlah peserta dan durasi kegiatan.


  • JADWAL PELAKSANAAN

    1. 1. Dilaksanakan setiap minggu, mulai hari Minggu sampai Kamis (5 hari) atau untuk rombongan minimal 30 orang dapat menentukan jadwal sendiri.
    2. 2. Wajib mentransfer dana tanda jadi keikutsertaan Rp. 2.000.000,-/orang ke Rekening PT. IKON Mitra Sinergi Utama di Bank Mandiri Nomor 176 0000 407 005. Selambatnya 3 hari sebelum kedatangan untuk pemesanan hotel/konsumsi/perlengkapan peserta.
    3. 3. Harap melakukan pembelian tiket pesawat paling lambat 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk menghindari harga tiket mahal.
    4. 4. Laporkan via SMS atau WA bukti transfer, tanggal/waktu keberangkatan, serta kode booking anda jika sudah membeli tiket, kepada panitia Sdri. Dita (0813 1777 3893)

  • INFORMASI

  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di:

    Mobile : 0813 6124 6666 / 0813 1777 3893

    Jakarta : (021) 227 34 123

    Medan : (061) 845 3462 / 0822 9869 6666