• LATAR BELAKANG

  • Setiap desa di Indonesia memiliki keanekagaraman dan keunikan yang luar biasa. Maka diperlukan kemampuan dan pengetahuan serta kreatifitas dalam menggali potensi desa. Desa mempunyai potensi pendapatan yang spesifik yang perlu ditingkatkan dan dioptimalisasikan. Untuk dapat mengetahui dan menggali potensi desa diperlukan langkah/cara agar dapat secara mudah dan jelas apa potensi dan bagaimana metode pengembangannya.

    Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan sebagai penggerak pembangunan lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari Pemerintah Desa dengan tujuan akhirnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

    Berdasarkan kenyataan tersebut ICON Training Center akan menyelenggarakan kegiatan Study Banding Desa untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan kepada Tim Pengelola Kegiatan dan masyarakat desa.


  • TUJUAN PENYELENGGARAAN

  • Kegiatan Study Banding Desa ini bertujuan agar setiap masyarakat desa mampu mengoptimalkan pendapatan asli desa, kemampuan dan kreatifitas sumber daya manusia dan dapat meniru desa-desa yang telah sukses menerapkan sistem yang ada.


  • JADWAL KEGIATAN

  • HARI KE I : SURABAYA - BLITAR - CHECK IN HOTEL

    HARI KE II : BIMTEK
    HARI KE III : KUNJUNGAN KE INDUSTRI DESA DI DESA-DESA KABUPATEN BLITAR
    HARI KE IV : KUNJUNGAN KE SUMBER DAYA ALAM YANG BERPOTENSI DIKELOLA MENJADI TEMPAT WISATA
    HARI KE V : PERSIAPAN PULANG
    DESTINASI
    A. Desa Ngoran
    Di desa Ngoran terdapat dua macam jenis industri yang menjadi produk unggulan Kabupaten Blitar, yaitu industri sambel pecel dan industri gula kelapa. Sambel pecel telah menjadi icon Kabupaten Blitar sebagai makanan pelengkap utama untuk nasi pecel. Selain itu terdapat pula Kelompok Tani Wanita Sumber Rezeki yang aktif dalam kegiatan pertanian.
    B. Desa Krenceng
    Desa Krenceng merupakan salah satu daerah pengembangan kawasan minapolitan di Kab. Blitar dengan komoditas unggulan ikan Koi sejak tahun 2011. Banyak sekali pengembang ikan Koi di Blitar yang mampu menghasilkan Koi kualitas juara baik bertaraf nasional maupun internasional. Disini juga terdapat budidaya ikan konsumsi dan ikan hias lainnya sehingga Kab. Blitar cocok dijadikan percontohan perikanan darat.
    C. Desa Sidorejo
    Desa Sidorejo memiliki Badan Usaha Milik Desa yang dinamakan BUMDes Sido Makmur, terletak di Kec. Ponggok merupakan salah satu desa yang telah mengelola BUMDes dengan baik. BUMDes yang dirintis sejak 2011 sampai Juli 2016 tersebut mampu menghasilkan dana sekitar Rp.93 juta dan mengelola 30 unit kios usaha.
    D. Desa Minggirsari
    Desa Minggirsari memiliki BUMDes Maju Makmur yang telah menjadi labsite pengelolaan BUMDes dari Kementerian Dalam Negeri dan menjadi percontohan nasional. BUMDes Maju Makmur mempunyai kegiatan usaha simpan pinjam induk, simpan pinjam pokmas, saprodi, pembesaran sapi, Askesos, konveksi, batako dsb.
    E. Candi Panataran
    Candi Panataran adalah sebuah candi berlatar belakang Hindu (Siwaitis) yang terletak Desa Penataran Kecamatan Nglegok, tepatnya di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar jarak tempuh dari pusat kota kurang lebih 12 Km. Komplek Candi ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur.
    F. Kampung Coklat
    Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar menarik banyak pengunjung. Tidak hanya warga Blitar saja yang datang ke tempat ini, karena tidak sedikit warga luar kota yang datang ke tempat ini bersama keluarganya. Wisata kampung coklat Blitar memang bisa dibilang menarik, karena memanfaatkan gudang dan kebun coklat sebagai tempat wisata untuk keluarga yang belum ada di sekitar Blitar. Kampung coklat merupakan salah satu referensi wisata di Blitar yang baru-baru ini populer.

  • FASILITAS

    1. 1. Antar jemput bandara untuk rombongan minimal 3 orang.
    2. 2. Hotel*** 5 hari 4 malam sekamar berdua termasuk makan pagi/siang/malam.
    3. 3. Tas/T-Shirt/Modul bahan ajar/ATK dan Sertifikat Pelatihan.
    4. 4. CD berisi Bahan Ajar, format dokumen OPD & BUMDes; laporan study.

  • KONTRIBUSI

  • Kontribusi dapat disesuaikan dengan jumlah peserta dan durasi kegiatan.


  • JADWAL PELAKSANAAN

    1. 1. Dilaksanakan setiap minggu, mulai hari Minggu sampai Kamis (5 hari) atau untuk rombongan minimal 30 orang dapat menentukan jadwal sendiri.
    2. 2. Wajib mentransfer dana tanda jadi keikutsertaan Rp. 1.000.000,-/orang ke Rekening PT. IKON Mitra Sinergi Utama di Bank Mandiri Nomor 176 0000 407 005. Selambatnya 3 hari sebelum kedatangan untuk pemesanan hotel/konsumsi/perlengkapan peserta.
    3. 3. Harap melakukan pembelian tiket pesawat paling lambat 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk menghindari harga tiket mahal.
    4. 4. Laporkan via SMS atau WA bukti transfer, tanggal/waktu keberangkatan, serta kode booking anda jika sudah membeli tiket, kepada panitia Sdri. Dita (0813 1777 3893)

  • INFORMASI

  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di:

    Mobile : 0813 6124 6666 / 0813 1777 3893

    Jakarta : (021) 227 34 123

    Medan : (061) 845 3462 / 0822 9869 6666