• LATAR BELAKANG

  • Setiap desa di Indonesia memiliki keanekagaraman dan keunikan yang luar biasa. Maka diperlukan kemampuan dan pengetahuan serta kreatifitas dalam menggali potensi desa. Desa mempunyai potensi pendapatan yang spesifik yang perlu ditingkatkan dan dioptimalisasikan. Untuk dapat mengetahui dan menggali potensi desa diperlukan langkah/cara agar dapat secara mudah dan jelas apa potensi dan bagaimana metode pengembangannya.

    Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan sebagai penggerak pembangunan lokal tingkat desa. Pembangunan ekonomi lokal desa ini didasarkan oleh kebutuhan, potensi, kapasitas desa, dan penyertaan modal dari Pemerintah Desa dengan tujuan akhirnya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa.

    Berdasarkan kenyataan tersebut ICON Training Center akan menyelenggarakan kegiatan Study Banding Desa untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan kepada Tim Pengelola Kegiatan dan masyarakat desa.


  • TUJUAN PENYELENGGARAAN

  • Kegiatan Study Banding Desa ini bertujuan agar setiap masyarakat desa mampu mengoptimalkan pendapatan asli desa, kemampuan dan kreatifitas sumber daya manusia dan dapat meniru desa-desa yang telah sukses menerapkan sistem yang ada.


  • JADWAL KEGIATAN

  • HARI KE I : CHECK IN HOTEL

    HARI KE II : BIMTEK
    HARI KE III : KUNJUNGAN KE DESA TERPILIH
    HARI KE IV : KUNJUNGAN KE DESA TERPILIH
    HARI KE V : PERSIAPAN PULANG
    08:30 : Check out hotel, lanjut acara City Tour Yogyakarta sampai 3 jam sebelum waktu penerbangan pulang.
    DESTINASI
    A. Desa Ketep
    Obyek Wisata Ketep Pass kabupaten Magelang merupakan Obyek Wisata Alam Kegunungapian khususnya Gunung Merapi.Obyek Wisata Ketep Pass terletak pada ketingggian 1200 m dpl.Luas area sekitar 8000 m persegi,berjarak 17 km dari Blabak Magelang kearah timur,30 km dari Kota Magelang. Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang menarik antara lain : Gardu Pandang, Vulcano Theater, Vulcano Center, Pelataran Panca Arga, Teropong Gunung, Restaurant dan Mushola. Dengan harga tiket yang relatif murah, Ketep Pass berhasil menarik jumlah wisatawan yang besar dan menjadi perwujudan dari kreativitas dalam optimalisasi PAD.
    B. Desa Panggungharjo
    Sukses mengolah sampah secara maksimal membuat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Panggung Lestari milik Pemerintah Desa Pangungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi Bumdes dengan predikat terbaik tingkat nasional tahun 2014 - 2015. Alur pengelolaan sampah tersebut dimulai dari pengambilan sampah dari warga - pemilahan menjadi 3 kategori yakni organik, anorganik dan residu - jadi pupuk organik (kategori organik) - rosok (non organik) dan residu (masuk ke TPS).  Penjualan rosok telah memberikan omset sebesar Rp 7 juta per minggu. Tak hanya itu, Bumdes Panggung Lestari kini juga mengolah biji nyamplung dan pengelolaan minyak jelantah. Agar profit semakin maksimal, Bumdes pun  kini menjalin relasi dengan berbagai macam instansi seperti dengan PT. XGS Jakarta untuk pengolahan limbah organik dengan kapasitas 8 ton POC, dengan PT Danone untuk pengolahan minyak goreng bekas atau jelantah dengan kapasitas minimal 5 ton/bulan serta penerapan teknologi tepat guna untuk pengolahan minyak dari biji buah nyamplung dengan kapasitas 6 ton untuk 500 liter. 
    C. Punthuk Setumbu
    Objek Wisata Punthuk Setumbu Magelang terletak sekitar 4 kilometer sebelah barat Candi Borobudur, membuat Punthuk Setumbu menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise di sekitar Candi Borobudur. Daerah ini dahulu merupakan salah satu tempat penggembalaan berbagai hewan ternak, namun saat ini memberikan kontribusi PAD yang cukup besar bagi Desa Karangrejo dan Pemda Kabupaten Magelang. Bukit Punthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu. Dari tempat ini wisatawan juga bisa melihat megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut. Punthuk Setumbu merupakan contoh yang baik bagaimana potensi alam desa dapat dioptimalkan menjadi sumber PAD.
    D. Desa Karangrejek
    Sebuah kreativitas dari masyarakat, semangat gotong-royong tinggi kemudian diikuti manajemen yang baik menjadi kunci keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) unit usaha Saluran Air Minum Desa (SPAMDes) Desa Karangrejek. Layak disebut luar biasa, kabupaten dengan image kering dan tandus ini menjadi rujukan nasional tentang bagaimana mengelola penyediaan air minum secara swadaya. Pelanggan pertama ada 150 sambungan air, tahun demi tahun bertambah, pada 2010 menjadi 400 Kepala Keluarga (KK), 2011 bertambah lagi menjadi 600 KK, 2014 menjadi 989 titik, lalu hingga 2016 ini ada 1.203 sambungan rumah. Tak hanya di Karangrejek saja, sambungan air Tirta Kencana ini menyasar desa sekitarnya seperti di Siraman, Baleharjo dan Desa Duwet. .

  • FASILITAS

    1. 1. Antar jemput bandara untuk rombongan minimal 3 orang.
    2. 2. Hotel*** 5 hari 4 malam sekamar berdua termasuk makan pagi/siang/malam.
    3. 3. Tas/T-Shirt/Modul bahan ajar/ATK dan Sertifikat Pelatihan.
    4. 4. CD berisi Bahan Ajar, format dokumen OPD & BUMDes; laporan study.

  • KONTRIBUSI

  • Kontribusi dapat disesuaikan dengan jumlah peserta dan durasi kegiatan.


  • JADWAL PELAKSANAAN

    1. 1. Dilaksanakan setiap minggu, mulai hari Minggu sampai Kamis (5 hari) atau untuk rombongan minimal 30 orang dapat menentukan jadwal sendiri.
    2. 2. Wajib mentransfer dana tanda jadi keikutsertaan Rp. 2.000.000,-/orang ke Rekening PT. IKON Mitra Sinergi Utama di Bank Mandiri Nomor 176 0000 407 005. Selambatnya 3 hari sebelum kedatangan untuk pemesanan hotel/konsumsi/perlengkapan peserta.
    3. 3. Harap melakukan pembelian tiket pesawat paling lambat 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk menghindari harga tiket mahal.
    4. 4. Laporkan via SMS atau WA bukti transfer, tanggal/waktu keberangkatan, serta kode booking anda jika sudah membeli tiket, kepada panitia Sdri. Dita (0813 1777 3893)

  • INFORMASI

  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di:

    Mobile : 0813 6124 6666 / 0813 1777 3893

    Jakarta : (021) 227 34 123

    Medan : (061) 845 3462 / 0822 9869 6666