• LATAR BELAKANG

  • Memiliki Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah merupakan keharusan bagi Pejabat Pembuat Komitmen, dan Anggota Pokja ULP/Pejabat Pengadaan. Seharusnya sertifikat ini dimiliki setelah pegawai memiliki kemampuan/keterampilan memproses pelaksanaan pengadaan barang/jasa sesuai Perpres RI Nomor 16 Tahun 2018.

    Dalam pelaksanaannya Sertifikat Ahli Pengadaan sering diperoleh mendahului kemampuan/keterampilan yang diharuskan. Hal ini diambil sebagai kebijakan untuk pemenuhan syarat bagi PNS yang akan diangkat sebagai Pokja/Pejabat Pengadaan dan untuk mempercepat pelaksanaan anggaran.

    Namun demikian kemmpuan memproses pengadaan dan menyusun dokumennya merupakan kemampuan yang tidak boleh diabaikan dalam proses pertanggungjawaban Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Apabila kemampuan ini diabaikan maka akan menghadapi resiko kekacauan dan keterlambatan dalam pelaksanaan pengadaan dikarenakan tidak memiliki kemampuan dalam mengorganisir proses pengadaan, juga karena terjadi sanggahan-sanggahan oleh pihak penyedia barang/jasa.

    Ketidakmampuan memproses dan menyusun dokumen pertanggungjawaban akhirnya akan membuat proses pengadaan menjadi lambat, tidak efisien dan tidak efektif sebagaimana diamanatkan dalam Perpres RI Nomor 16 Tahun 2018.


  • TUJUAN PELATIHAN

  • Dalam workshop ini peserta dituntun untuk mempraktekkan proses pengadaan dan menyusun dokumen pertanggungjawabannya dari tahap pemaketan, tahap pelaksanaan pelelangan sampai pada tahap persiapan kontrak pengadaan.

    Dengan simulasi / praktek tugas dalam tim, para peserta akan mendapatkan wawasan yang komprehensif, dan menjadi terampil dalam melaksanakan dan menyusun berkas proses pengadaan barang/jasa baik melalui swakelola atau melalui pihak ketiga dengan metode pelelangan/seleksi umum, pelelangan/seleksi terbatas, pelelangan/seleksi sederhana/pemilihan langsung, penunjukkan langsung, pengadaan langsung, kontes dan sayembara.


  • STANDAR PELATIHAN

  • Workshop ini menuntun peserta mempraktekkan proses pengadaan barang/jasa dan merupakan satuan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengambil sertifikat Ahli Pengadaan Tingkat Menengah.

    A. Bimtek dilaksanakan dengan fasilitas sesuai Standar Pelatihan Pengadaan Barang Jasa ICON :

    1. 1. Narasumber yang melaksanakan pakar dibidang materi pelatihan.
    2. 2. Dilaksanakan selama 40 Jam Pelatihan.
    3. 3. Ruangan tersedia meja/kursi; Sound Sistem; Flip Chart; LCD Proyektor dan pendingin udara.

    B. Rencana Pelaksanaan :

    1. 1. Selama workshop kelas dibagi dalam 6 Pokja sehingga dibutuhkan 3 Narasumber pembimbing.
    2. 2. Perlengkapan peserta terdiri dari : Seminar Kit (Tas Plastik dan ATK), Notes, Name Tag, Pedoman Peserta, Bahan Ajar Narasumber (Slide dan Modul), CD Bahan Ajar dan Peraturan Terkait
    3. 3. Dilaksanakan secara swakelola inhouse training dibantu Event Organizer yang berpengalaman
    4. 4. Biaya penyelenggaraan workshop Rp. 150 s/d Rp. 200 juta. Biaya penyelenggaraan workshop menjadi lebih mahal karena narasumber 3 orang simultan dan seluruh peserta diinapkan.
    5. 5. Jumlah peserta maksimal 35 orang per kelas/angkatan.


  • INFORMASI

  • Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di:

    Mobile : 0813 6124 6666 / 0813 1777 3893

    Jakarta : (021) 227 34 123

    Medan : (061) 845 3462 / 0822 9869 6666